Menambahkan Bottom Toolbar di Google Chrome

Menambahkan Bottom Toolbar di Google Chrome

Tips ini sangat menarik, jika normalnya address bar chrome berada di atas tapi menggunakan fitur ini akan menambahkan sebuah toolbar baru yg berada di bawah.

Bagi kamu yang menggunakan android pasti sudah tidak asing lagi dengan Google Chrome karena sudah hampir di setiap ponsel aplikasi browser ini dijadikan aplikasi sistem, artinya tidak bisa diuninstall (tapi terkadang masih bisa didisable).

Karena penulis sering sekali browsing dengan adanya toolbar chrome yang berada di bawah sangatlah membantu.

Apalagi jika kamu menggunakan ponsel dengan ukuran layar yang besar, dengan begini tidak perlu bersusah-susah menggapai address bar yang berada di atas.

Apa saja manfaat toolbar chrome yang berada dibawah ini?

  1. Memudahkan navigasi, untuk berpindah-pindah tab tinggal geser ke kanan atau ke kiri saja pada toolbar.
  2. Memudahkan mencari sesuatu, jika sebelumnya harus klik address bar sekarang tinggal klik search button yang ada di tengah toolbar.

Catatan:
Chrome flags adalah fitur tersembunyi. Kenapa disembunyikan? karena sebenarnya fitur ini hanya untuk eksperimen atau advanced user saja.
Fitur ini juga masih dalam masa uji coba, bisa jadi tidak bekerja di ponsel kamu.

Menambahkan toolbar bawah di Google Chrome

Pastikan versi Google Chrome di ponsel kamu di atas 65.

Jika masih dibawah itu harus update dulu, karena fitur ini hanya support untuk chrome versi diatas 65.

  1. Buka Google Chrome.
  2. Tap pada address bar.
  3. Ketik chrome://flags kemudian tekan enter, ini akan membuka sebuah halaman kusus yang berisi fitur-fitur eksperimental.
  4. Ketik toolbar pada kolom pencarian.
  5. Klik dropdown kemudian pilih enabled, mungkin ada beberapa pilihan lainnya silakan pilih tergantung preferensi masing-masing asal bukan default atau disabled.
  6. Klik pada address bar dan ketik chrome://restart.
Menambahkan toolbar di Google Chrome
Menambahkan toolbar di Google Chrome

Selesai, untuk menonaktifkan fitur tersebut kamu tingggal mengulangi langkah-langkah diatas kemudian pilih disabled atau default.

Fitur ini selanjutnya mungkin akan dirilis di Google Chrome, sehingga tidak perlu lagi repot-repot menggunakan cara di atas.

Setelah dirilis secara official seharusnya akan ada opsi untuk mengaktifkan fitur ini melalui settings di Google Chrome.

Bagikan