Cara menghilangkan iklan di HP xiaomi. Smartphone keluaran xiaomi memang terkenal dengan spek yang tinggi tapi memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan smartphone dari brand lain. Tapi inilah yang menjadi poin penjualannya.

BACA JUGA: Cara menyimpan status WA (whatsapp) tanpa aplikasi

Walaupun smartphone dari xiaomi memiliki harga yang relatif lebih murah, tapi di beberapa aplikasinya telah disisipi iklan yang membuat pengguna merasa terganggu. Untuk menghilangkan iklan tersebut pengguna bisa mengikuti cara mudah menghilangkan iklan, tentunya tanpa root.

BACA JUGA: Cara percepat internet dan membuka situs terblokir menggunakan 1.1.1.1

Cara menghilangkan iklan di HP (smartphone) xiaomi

Kamu mungkin bisa menerapkan cara ini hampir di semua tipe HP dari xiaomi seperti MI a1, Redmi 4x, Redmi Note 5, Redmi 4a, Redmi 5 ataupun semua yang sudah menggunakan OS MIUI 10.

Langkah 1

Pertama, yang bisa dilakukan adalah dengan menonaktifkan fitur rekomendasi personalisasi iklan yang ada di pengaturan privasi. Buka menu berikut ini.

  1. Pengaturan (Setting)
  2. Setelan tambahan (Additional settings)
  3. Privasi (Privacy)
  4. Layanan iklan (Ad services)

Lalu matikan Personalisasi layanan iklan (Personalized ad recommendations). Sebenarnya ini tidak menghilangkan iklan, hanya saja jika tidak dimatikan smartphone akan secara otomatis menyerahkan data-data pribadi pengguna ke pihak pengiklan. Bukan hal yang bagus bukan? karena pengguna tidak memiliki privasi yang aman.

non-aktifkan personalisasi iklan
non-aktifkan personalisasi iklan

Langkah 2

Di OS MIUI ada sebuah aplikasi layanan iklan yang bernama msa, bisa dibilang aplikasi msa itulah yang mengatur iklan agar tampil di HP. Untuk menghilangkan iklan di HP xiaomi pengguna bisa uninstal/menonaktifkan atau disable aplikasi msa.

Tapi update terbaru dari OS MIUI tidak memperbolehkan pengguna untuk menonaktifkan aplikasi msa apalagi meng-uninstallnya. Cara mengakalinya bisa dengan mematikan akses data. Buka menu berikut ini.

  1. Pengaturan (setting)
  2. Setelan tambahan (Addtional settings)
  3. Privasi (Privacy)
  4. Aplikasi dengan akses penggunaan (Apps with usage accesss)

Kemudian matikan Izinkan akses penggunaan (Permit usage access).

non-aktifkan aplikasi msa
non-aktifkan aplikasi msa untuk menghilangkan iklan

Langkah 3

Untuk aplikasi bawaan lainnya yang menampilkan iklan seperti MI browser, MI music player, cleaner, MI security, MI file explorer (file manager) dsb. Bisa juga dihilangkan iklannya dengan menonaktifkan fitur rekomendasi. Caranya, cari setting Terima rekomendasi (Receive recommendations) di setiap aplikasinya, kemudian matikan setting tersebut.

BACA JUGA: Cara kirim APK + data ML (mobile legends) menggunakan SHAREit

Selesai untuk sekarang itu saja yang bisa dilakukan untuk HP xiaomi noroot. Tapi masih lebih baik bukan daripada ponsel tiba-tiba muncul pop-up iklan yang mengganggu.