AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah salah satu proyek open source dari google dan twitter yang bertujuan untuk meningkatkan performa website agar bisa sangat cepat, responsive dan yang tidak kalah penting tampilannya juga lumayan menarik.

Banyak juga yang telah membuat penelitian tentang Google Amp ini mengenai SEO dan statistik, hasilnya membuat SEO dan pengunjung naik secara drastis. Jadi bagi anda yang ingin meningkatkan pengunjung mungkin ini bisa jadi alternatif.

Proyek AMP ini sudah resmi dipublish untuk publik di 2015, jadi bisa di bilang belum terlalu lama. Google berkata bisa meningkatkan performa web sampai 85%. Sangat signifikan bukan? lantas pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa bisa sangat cepat, jawabannya ada di penjelasan google. Untuk lebih detailnya bisa cari tahu langsung di website resminya.

Bagi pengguna website berbasis wordpress tidak perlu kemampuan programming ataupun teknik kusus untuk menggunakan di websitenya karena sudah ada plugin yang di buat kusus untuk wordpress, sehingga orang awam pun bisa dengan mudah menggunakannya.

Cara Memasang AMP di WordPress

Langkah 1

Pertama, pasang pluginnya terlebih dahulu. Selain gratis, plugin ini adalah hasil dari kontribusi google jadi akan aman untuk website anda.

Langkah 2

Aktifkan plugin setelah pemasangan plugin selesai.

Langkah 3

Untuk uji coba apakah plugin telah bekerja atau belum, bisa dengan menambahkan url /amp/ di akhir url post. misal http://example.com/url-post menjadi http://example.com/url-post/amp/. Jika halaman nya tidak 404 (halaman tidak di temukan) berarti sudah selesai. kalau belum lanjut ke langkah selanjutnya.

Langkah 4

Buka setting permalink di Settings -> Permalink.

Setting permalink wordpress

Setting permalink wordpress

Lalu langsung klik save, tanpa merubah apapun. Jika sudah silakan coba akses url amp tadi, harusnya sudah berhasil.

 

Walaupun memiliki banyak kelebihan, tetapi AMP juga banyak memiliki pro dan kontra juga.

Perlu di perhatikan, jika website anda sangat bergantung pada javascript saya sangat tidak menyarankan untuk memasangnya karena nanti pasti banyak fitur dari javscript tersebut yang hilang atau tidak bekerja. Jadi pastikan anda tahu apa yang anda lakukan jika ingin menggunakannya.

BACA JUGA: Cara Akses Facebook Gratis Tanpa Kuota